• Disiplin Belajar

    Disiplin dalam belajar merupakan kata-kata emas yang sering ditemukan pada berbagai macam atribut pendidikan, mulai dari buku, sampul, hingga bangunan sekolah. Kata-kata ini ada bukan hanya sebagai hiasan semata. Tiga kata ini sangat mudah diucapkan tetapi sulit sekali untuk dikerjakan bagi kebanyakan orang. Siapapun yang dapat memegang teguh kalimat ini dan menjalankannya pada kehidupan sehari-hari, sudah dapat dipastikan bahwa kehidupan mereka kelak akan sukses.

    Menurut wikipedia disiplin merupakan perasaan yang taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawab dan belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Sehingga dengan disiplin dalam hal belajar misal dalam pembelajaran matematika belajar dengan disiplin akan menghasilkan yang optimal juga dalam mata pelajaran tersebut.

    Disiplin dalam belajar adalah hal yang harus diterapkan pada semua kalangan pelajar. Disiplin harus diterapkan sejak masih duduk di bangku sekolah dasar, bahkan sebelum masuk sekolah dasar. Jika disiplin telah diterapkan sejak awal, maka akan mudah untuk meneruskannya hingga tua nanti. Disiplin dalam belajar bukan hanya dihitung berdasarkan seringnya seseorang belajar materi pelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi. Disiplin dalam belajar adalah bagaimana kemampuan seseorang dalam memanfaatkan waktunya sebaik mungkin dalam hal belajar, tanpa melupakan kewajiban lainnya baik bersosialisasi, olahraga, membantu orang tua, istirahat dan lain-lain. Inti dalam disiplin belajar yaitu bagaimana kita atau seseorang bisa membagi waktu dalam hal belajar, sekolah bahkan yang paling penting yaitu bersosialisasi pada masyrakat karena bersosialisasi ini yang paling penting untuk menjadi orang sukses.

    Sebenarnya metode disiplin dalam belajar setiap orang berbeda-beda. Ada yang dapat belajar jika seseorang berada disuatu tempat yang hening agar dapat berkonsentrasi dengan baik, namun ada juga orang yang tetap bisa berkonsentrasi meskipun belajar ditempat yan bising atau ramai. Disiplin dalam belajar itu berarti berkaitan dengan waktu, yang dimana kita akan dengan rutin melakukan aktivitas tersebut karena setiap orang memiliki tanggung jawab setiap individual orang tersebut. Tergantung keyakinan yang ada pada diri sendiri sehingga mendapatkan hasil yang terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar