• Penerapan Komputasi Modern pada Website perusahaan makanan cepat saji "McDonald's Indonesia"


            Penerapan Komputasi modern ini telah diterapkan di berbagai bidang, salah satunya pada bidang kuliner. Salah satunya yang akan dibahas yaitu perusahaan restoran cepat saji "McDonald's Indonesia", sebelum membahas website McDonald's akan dibahas garis besar dahulu mengenai Komputasi Modern.
    Komputasi Modern diartikan sebagai cara untuk memecahkan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma, bisa dikatakan suatu bidang dapat diartikan sebagai Komputasi Modern salah satu point terdapat pada bidang itu, seperti:
    1. Akurasi
    2. Kecepatan
    3. Problem Volume Besar
    4. Modelling
    5. Kompleksitas

           Diatas telah dijelaskan Komputasi Modern itu apa selanjutnya, membahas bagian dari website McDonald's. Dapat dilihat di http://mcdonalds.co.id/, maka tampilan halaman utamanya seperti dibawah ini.


                 Dapat dilihat pada halaman awal website McDonald's mudah digunakan oleh pengunjung atau user yang ingin memesan atau mencari informasi makanan cepat saji dan karir. Seperti pilihan menu diantaranya menu makanan serta harganya, lokasi restoran terdekat, cara pemesanan, serta tidak lupa promosi karir yang ditawarkan oleh perusahaan.
         

                   Pada website tersebut juga menyediakan pesanan online yang termasuk ke dalam komputasi modern. Dengan layanan ini, customer dapat memesan menu makanan secara online tanpa harus datang ke tempat restoran. Proses diolah oleh sistem komputer, seperti gambar dibawah ini.


                     Setelah muncul seperti diatas, user memasukkan nama kota dan lokasi restoran yang diinginkan, tentunya dengan jarak terdekat dengan rumah sih pemesan.


                   Setelah user atau pemesan sudah mengisi nama kota dan lokasi restoran, selanjutnya akan muncul nama menu makanan beserta harganya, jika user atau pemesan berminat dengan menu yang ada dapat mengetikkan jumlah pemesanan yang diinginkan seperti gambar diatas.
                    
              Setelah itu, dibawah menu pemesanan diminta untuk mengisikan data pembeli, seperti nama dan alamat yang akan dituju.


                Selain itu, user atau pemesan juga diminta untuk memberikan informasi rute perjalanan tercepat dari lokasi restoran menuju tempat yang dicantumkan sebelumnya, seperti tampilan diatas.
                 Tahap yang terakhir dari proses pemesanan yang tadi telah dijelaskan akan tampil Detail Order dari transaksi pemesanan online yang telah dilakukan. Untuk gambar proses terakhir tidak ditampilkan karena proses pesanan penulis tidak memesan untuk dipesan.

    Komentar penulis dari yang telah dijelaskan diatas:


              Pada website MCDonald’s Indonesia yang termasuk ke dalam penerapan komputasi modern terdapat pada layanan pemesanan online. User/pelanggan dapat memesan makanan dan minuman secara virtual/online tanpa harus datang langsung ke restoran. Sistem layanan pada website perusahaan ini telah mengandung unsur-unsur yang merupakan penerapan dari komputasi modern. Proses pada layanan dikerjakan atau dilakukan oleh sistem Komputer. Kelebihan yang ada pada website ini adalah dapat diakses atau digunakan dimana saja selama terhubung dengan jarinag internet dan juga interface pada website ini sangat menarik dan interaktif, terbukti dengan merasa mudahnya user menggunakanya.
              Dengan demikian, adanya penerapan teknik komputasi modern pada website "McDonald’s Indonesia" sangat membantu pelanggan sehingga dapat memesan makanan dan/atau minuman secara mudah dan efisien.


    Sumber : http://www.mcdonalds.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar