• Percabangan dan perulangan pada Java

     
    percabangan di bagi 3, tapi if-else dibagi menjadi 2, yaitu: if, if-else (if-else(tunggal), if-else(jamak)), switch. Yang kita pelajari yaitu if, seperti yang listing program di atas merupakan contoh program percabangan.
    if(nilai>=70) untuk menyatakan nilai yang sebesar lebih sama dengan 70 menghasilkan “saya lulus!”, karena menyatakan nilai sebesar 70 yang merupakan hasil program “saya lulus!” yang membatasi “saya lulus!” yang nilainya 70.
    else if (nilai<70) untuk menyatakan nilai yang kurang dari 70 menghasilkan “saya tidak lulus!”, karena else merupakan deklarasi perintah yang salah yang merupakan mendapat nilai yang kurang dari 70.
    Tapi else merupakan pernyataan yang salah, contohnya jika kita memasukkan selain nilai angka maka akan menghasilkan program “Nilai yang dimasukkan salah” .
    Tapi jika kita memasukkan nilai yang kurang 70 akan keluar “saya tidak lulus!”, karena kita sudah membuat program yang nilai kurang 70 menghasilkan atau dideklarasikan “saya tidak lulus!”.
    Jika berhasil akan keluar seperti yang ada di output program dibawah ini.


0 komentar:

Posting Komentar