• perulangan python


    Dalam praktikum kali ini kita membuat sebuah program perulangan yang menggunakan while dan for. Yang sama seperti bahasa program yang lain, perulangan for pada python agak berbeda karena for(kondisi) in (list):, in ini yang ada pada python berfungsi untuk melakukan perulangan sebuah variable yang kita misalkan dan dengan list kita melakukan jumlah perulangan yang akan dihasilkan seberapa banyak yang di perulangkan.
                Pada pernyataan ini,
    X=’Gunadarma’
    While X:
         Print X
         X=[1:]
    Yang dimana maksud pernyataan, “X=[1:]” perulangan yang mengulang yang mengambil Cuma nilai indeks 1 kebelakang sehingga nilai indeks yang bernilai 0 tidak diulang, sehingga outputnya mengambil nilai indeks1 ke belakang sampai kata “Gunadarma” berakhir sampai tidak sampai indeks 1.
                Pada pernyataan ini,
     X=’Gunadarama’
     For i in X:
          Print (‘Universitas’+i)
    Yang dimana variable i ini perulangan yang kata Gunadarma diulang kebawah dengan perkata tapi kalau universitas tetap diulang karena nilai Universitas tetap sampai berakhir di kata a, jadi perulangan yang dilakukan sebanyak 9 kali.
                Pernyataan ini,
    X=[(1,2),(2,3),(3,4),(5,6),(7,8)]
    Y=len(X)-1
    For i in X:
        i=X[y]
        print i
        y=y-1
    pernyataan y=len(X)-1 adalah panjang kelas variable X, kalau di python dihitung dari indeks 0, tapi kalau di hitung dari panjang kelas dari 1. jadi indeks terakhir dikurang 1 pernyataan i=X[y] variable i merupakan berisi nilai x yang merupakan diambil dari variable y. y=y-1 merupakan mengulang indeks terakhir yang dikurang 1 sampai indeks yang hasilnya sampai indeks yang bernilai 0. jadi outputnya yang ditampilkan pertama (7,8) kebawah sampai terakhir yang bernilai (1,2).
                Pernyataan ini,
    X=[(1,2),(2,3),(3,4),(5,6),(7,8)]
    Y=3
    For i in X:
        i=X[y]
        print i
        y=y-1
    ini sama saja seperti yang di atas tetapi kali ini variable y langsung berisi nilai, yaitu nilai 3 yang dimana nilai 3 ini adalah panjang kelas indeks variable x, jadi output pertama dari nilai (5,6) tapi hasil akhir bukan (1,2) tapi nilai (7,8) karena indeks y=y-1 adalah panjang indeks dikurang 1 tapi berakhir bukan indeks 0 tapi -1 karena y berisi nilai 3, itu adalah nilai variable x.

0 komentar:

Posting Komentar